Senin, 28 April 2008

Teater Angin, Teater Terbaik di Bali



Barangkali ketidakdiikutsertakannya drama modern dalam ajang tahunan Pekan Seni Remaja (PSR) mengendurkan semangat berteater bagi sebagian besar teater sekolah di Denpasar. Namun hal itu tidak berlaku bagi Teater Angin. Teater sekolah SMA 1 Denpasar ini justru menerima “tantangan” dalam ajang yang lebih bergengsi yaitu Festival Drama Modern Tingkat SMA/SMK yang akan diadakan pada akhir bulan ini di Semarang.

Segenap anggota Teater Angin berjuang keras menyiapkan pentas nasional ini. Bahkan persiapan mereka tampak lebih sungguh-sungguh daripada menyiapkan sebuah drama untuk pentas PSR. Dengan tanpa didampingi pembina maupun pelatih, mereka setia begadang setiap hari bahkan menginap di sekolah. Memang semangat “Angin” tersebut merupakan tradisi yang diwarisi secara turun-temurun sejak puluhan tahun Teater Angin berdiri.

Adalah kesungguhan anak-anak Angin dalam berteater dengan penuh tanggung jawab membuat Teater Angin tetap eksis hingga hari ini. Regenerasinya sangat baik sehingga organisasi ini tetap berkelanjutan dan solid. Disamping itu pula tidak terlepas dari kebijakan SMA 1 Denpasar yang sangat men-support kegiatan non-akademis walaupun sekolah ini adalah sekolah dengan prestasi akademik terbaik di Bali. Kepercayaan orang tua anak-anak Angin juga otomatis muncul karena mereka tahu anak-anaknya berteater tidak main-main dan mampu menunjukkan prestasinya.

Hingga saat ini Teater Angin adalah teater sekolah terbaik di Bali. Bahkan mengingat lesunya aktivitas teater kampus dan teater umum boleh dikatakan Teater Angin adalah teater terbaik di Bali. Ini bukanlah hal yang tidak beralasan, dalam ajang lokal Teater Angin selalu berhasil mempertahankan kekonstanannya dalam mendulang prestasi. Walaupun teater-teater sekolah lain sesekali menjuarai sebuah lomba namun sifatnya timbul-tenggelam, demikian pula kondisi teater kampus dan teater umum.

Sejauh mana Teater Angin mampu berbicara di pentas nasional, mampukah menjadi teater sekolah terbaik tingkat nasional? Kita tunggu kabar dari Semarang!

( dadap )

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kasi tau aku kalo angin sudah di semarang. mantan fotografer tetapnya bakalan datang, gyahahaha!

hukum unud mengatakan...

terlambat kamu joe... mereka udah pulang dan menang!!